Apa itu Google Trends?

Apa itu Google Trends? Bisa untuk Riset?

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar atau bahkan menggunakan tools Google Trends? Jika belum, kamu perlu tahu tentang apa itu Google Trends lebih dalam.

Untuk melakukan riset mengenai sesuatu, misalkan produk, kata kunci, hingga mengetahui apa yang sedang trending, kamu bisa menggunakan yang namanya Google Trends.

Salah satu aplikasi atau tools yang di-develop oleh Google ini sangat berguna. Bukan hanya bagi praktisi, bahkan bagi pengguna biasa juga akan sangat bermanfaat.

Tidak perlu menggunakan bantuan tools lain yang berbayar dan kompleks, melalui Google Trends kamu bisa melakukannya dengan mudah. Lantas, apa itu Google Trends dan apa saja fungsinya?

Apa itu Google Trends?

Tools Google Trends

Google Trends adalah suatu tools atau layanan yang dimiliki oleh Google untuk membantu mengatasi masalah atau kebuntuan dalam membuat ide konten.

Tools atau layanan yang di-develop ini sifatnya gratis dan dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Maka, Google Trends tentunya akan sangat membantu dan memudahkan pekerjaan.

Intinya, Google Trends ini menyediakan data mengenai tren seberapa sering suatu kata kunci dicari melalui mesin pencari Google.

Ingat ya, mesin pencari Google, bukan mesin pencari Bing, Yahoo, dan yang lain.

Selain itu, Google Trends juga membantu dalam menyediakan data mengenai volume pencarian dan informasi mengenai geografi pencarian kata kunci, misalnya:

  • Ada suatu kata kunci yang sedang populer di negara tertentu di waktu belakangan
  • Ada suatu kata kunci yang sedang populer di wilayah atau daerah tertentu pada hari kemarin

Mengingat Google menjadi salah satu mesin pencari paling populer, maka tidak mengherankan jika Google Trends menyediakan statistik alias data yang cukup akurat mengenai peristiwa yang sedang hangat terjadi.

Pertama Kali Dikenalkan pada Tahun 2006

Google Trends

Setelah tahu apa itu Google Trends, apakah kamu juga tahu akan sejarahnya?

Google Trends menjadi layanan yang pertama kali dikenalkan pada 2006 dengan versi terbaru yang dirilis pada tahun 2018 dengan membawa sejumlah fitur yang penting.

Fitur tersebut ialah memberi tahu dan menginformasikan mengenai topik-topik apa saja yang sedang hangat alias ramai dibahas.

Hasil dari Google Trends dapat dilakukan filter menurut kota, wilayah, mauapun bahasa.

Google Trends bisa dikatakan sebagai satu-satunya tools gratis yang dapat digunakan untuk mencari ide kata kunci untuk konten di berbagai macam media sosial, maupun platform.

Walaupun sudah berusia sekitar 17 tahun lamanya, Google Trends masih terus dikembangkan dan beroperasi hingga saat ini.

Bisa dikatakan, Google Trends sederhana dan mudah digunakan, tetapi hasil datanya sesuai, akurat, bahkan lengkap.

Baca juga: Cara Mengubah Suara Google Translate dengan Mudah

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Melalui Google Trends?

Analisis di Google Trends

Pada intinya, tujuan adanya Google Trends ini sebenarnya untuk mencari ide kata kunci berdasarkan peristiwa atau momen yang sedang hangat.

Apabila dikembangkan lebih jauh lagi, tujuan Google Trends juga akan lebih luas, seiring dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan melalui tools atau layanan Google Trends yang mungkin sedikit membantu kamu bagi para pengguna, maupun marketer.

1. Analisis Kata Kunci

Poin terpenting yang dapat dilakukan oleh pengguna ialah melakukan analisis kata kunci menggunakan bantuan dari Google Trends.

Melalui Google Trends, kamu bisa filter maupun sortir ke platform mana yang diinginkan, seperti Google, YouTube, News, dan masih banyak lagi.

Namun, ingat ya! Karena peruntukannya di platform Google, maka yang available juga di platform Google saja.

Dengan mencari kata kunci di Google Trends, kamu sebagai pengguna bisa membandingkan kata kunci berdasarkan dari beberapa perbandingan, seperti bulanan, tahunan, dan lainnya.

2. Menemukan Pencarian yang sedang Trending

Yang selanjutnya dari Google Trends bisa mengumpulkan data-data mengenai pencarian yang sedang hangat alias sedang trending.

Data tersebut akan sangat berguna, khususnya pada website yang mempunyai atau collect konten-konten berita terbaru.

Untuk melakukannya, nantinya kamu perhatikan pada bagian sisi sudut kiri atas adanya icon 3 garis, yang dapat kamu klik pada “Trending searches“.

Pembaruan data trending ini juga real-time, tetapi dalam bentuk hari. Sehingga, kamu bisa melihat data pencarian yang trending pada hari sebelumnya.

3. Memprediksi Tren yang akan Datang

Yang terakhir yang juga tak kalah menarik dari Google Trends ialah memprediksi semua data tentang tren pencarian yang sedang hangat.

Kamu bisa membuat atau generate konten yang bisa saja booming di masa yang akan datang.

Ada beberapa cara yang dipraktikkan atau diterapkan untuk memprediksi tren di masa yang akan datang melalui Google Trends, seperti:

  • Identifikasi tren sesuai kategori dan lokasi
  • Bandingkan 2 kata kunci dalam 1 tren waktu

Baca juga: Cara Melindungi Data Pribadi di Media Sosial agar Lebih Aman

Akhir Kata

Sudah tahu apa itu Google Trends dan mengenal apa saja fungsinya? Jangan sampai kamu malah baru tahu dengan tools ini!

Tools dari Google ini gratis dan bisa digunakan oleh semua orang. Siapa saja, apapun pekerjaannya atau profesinya, tanpa terkecuali.

Sementara itu, penggunaan Google Trends juga sangat mudah. Hanya ketik kata kunci dan bisa langsung analisis. Mudah, bukan?


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *