Tools untuk riset kata kunci

3 Rekomendasi Tools untuk Riset Kata Kunci Gratis

Apakah kamu seorang pemula ataupun beginner yang sedang mendalami terkait search engine optimization (SEO)? Salah satu yang perlu diperhatikan ialah riset kata kunci.

Riset kata kunci atau yang biasa dinamakan dengan keyword research menjadi salah satu upaya bagi seorang creator, blogger, YouTuber, dan profesi lain untuk menentukan suatu tema konten.

Menariknya, karena deman terkait kata kunci semakin tinggi, maka ada banyak pula kemunculan aplikasi, software, maupun tools yang versi gratis dan berbayar.

Karena faktanya, kata kunci merupakan salah satu hal krusial sebelum membuat konten. Sehingga, seorang kreator bisa mengetahui mengenai pasar konten yang sedang trending saat itu.

Maka dari itu, berikut ini beberapa rekomendasi tools untuk riset kata kunci gratis yang dapat ditemukan dengan mudah di internet.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Googlw Keyword Planner merupakan salah satu rekomendasi tools untuk riset kata kunci gratis yang paling utama. Hal ini karena memang platform ini di-develop oleh Google itu sendiri.

Sehingga, hasil generate maupun grab data yang ada di dalam setiap hasil yang diketik oleh pengguna juga sesuai alias relevan dengan apa yang ada di hasil penelusuran.

Ada 2 macam jenis kata kunci yang dapat di-generate melalui platform Google Keyword Planner yang meliputi:

  • Temukan kata kunci baru, digunakan untuk memperoleh ide kata kunci yang dapat membantu pengguna dalam menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan, digunkan untuk memperoleh volume penelusuran dan metrik historis yang lainnya, hingga perkiraan mengenai kemungkinan performa yang ada.

Bedanya apa? Jika temukan kata kunci baru, nantinya biasanya akan direkomendasikan mengenai istilah atau sinonim yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Misalkan mencari tentang “pengertian demokrasi“, maka akan ada referensi kata kunci lain, seperti “apa itu demokrasi“, “definisi demokrasi“, “mengenal demokrasi“, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, jika dapatkan volume penelusuran dan perkiraan nantinya akan lebih spesifik mengenai berapa banyak orang maupun pengguna yang mencari di Google terkait dengan kata kunci tersebut.

Bahkan, ada juga metriks mengenai persaingan kata kunci tersebut di Google Search Engine, mulai dari low, medium, hingga high.

Tools Google Keyword Planner ini bersifat gratis yang dapat diakses tanpa mengunduh aplikasi maupun software, karena ada website tersendiri dengan mengetikkan “keyword planner” di Google Search Engine.

Apalagi, banyak marketer yang menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan analisis secara mendalam terkait suatu tren kata kunci yang sedang berkembang.

Baca juga: Manfaat Menggunakan VPN

2. Google Trends

Google Trends

Masih sama 1 keluarga dengan Google Keyword Planner, Google Trends juga menyediakan layanan kata kunci yang bermanfaat dan bisa langsung diimplementasikan.

Jika Google Keyword Planner lebih spesifik atau dikhususkan untuk mencari ide-ide kata kunci baru, sedangkan Google Trends lebih spesifik untuk melihat mengenai isu atau tren yang sedang berkembang di masyarakat.

Kemampuannya dari Google Keyword Planner ialah data yang real-time. Maksudnya, bisa melihat isu atau tren yang berkembang dalam 24 jam terakhir.

Tren-tren tersebut juga dikategorikan menjadi beberapa bagian, seperti:

  • Google
  • News / berita
  • YouTube

Adanya kategori tersebut, maka seorang kreator atau marketer dapat menyesuaikan kata kunci sesuai dengan platform segmentasinya. Akankah akan membuat konten di Google maupun YouTube.

Karena, kedua platform tersebut memang berbeda. Apalagi jika dari segi tren, keduanya tidak mungkin akan menghasilkan 2 hal yang sama sekaligus.

Bahkan, di Google Trends bisa membandingkan mengenai beberapa kata kunci sekaligus. Misalnya seperti ini:

  • Produk susu penambah berat badan, kita bisa membandingkan produk Weight Herba, Flyon, dan Appeton Weight Gain secara sekaligus dalam rentang waktu tertentu.
  • Analisis strategi organik maupun berbayar, kita bisa membandingkan mengenai SEO, Google Ads, Facebook Ads, dan TikTok Ads secara sekaligus dalam rentang waktu tertentu.

Sehingga, Google Trends ini bisa dikatakan sangat bagus untuk melakukan komparasi maupun sebagai strategi untuk melakukan analisis kompetitor.

3. Keyword Tool

Keyword Tool

Tools untuk riset kata kunci gratis yang terakhir merupakan Keyword Tool yang berbeda dan bukan dikembangkan oleh Google.

Tools ini bisa dikatakan bukan kaleng-kaleng, karena bisa meng-grab data dari berbagai macam platform, seperti:

  • Google
  • YouTube
  • Bing
  • Amazon
  • Ebay
  • App Store
  • Play Store
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
  • Google Trends

Berbeda juga dengan Google Keyword Planner maupun Google Trends, Keyword Tool ini menyediakan 2 layanan gratis dan berbayar.

Untuk Keyword Tool Pro versi berbayar dibanderol mulai dari Rp 1 jutaan yang bisa meng-generate hingga 10.000 kata kunci per harinya.

Apalagi menariknya seperti yang sudah ditampilkan pada poin di atas, di mana Keyword Tool bisa meng-generate kata kunci dari bukan hanya mesin pencari, melainkan juga di media sosial.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Riset Pasar

Akhir Kata

Dari ketiga tools untuk riset kata kunci gratis di atas, mana yang menjadi pilihan? Jawabannya, balik lagi disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk data-data yang lengkap disertai metrik, kamu bisa menggunakan tools yang memang diproduksi oleh Google, yakni Google Keyword Planner dan Google Trends.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin in-depth dan ingin coba menggali platform lain yang juga tidak kalah lengkap, bisa menggunakan bantuan dari Keyword Tool.

Kesemua tools di atas sifatnya gratis dan tanpa perlu unduh aplikasi maupun instalasi di desktop ataupun mobile.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *