Manfaat menggunakan VPN

5 Manfaat Menggunakan VPN

Walaupun banyak beredar luas stigma di masyarakat tentang VPN, tetapi ada begitu banyak manfaat menggunakan VPN yang mau tidak mau harus diakui.

Bahkan, manfaat menggunakan VPN bukan hanya untuk keperluan pribadi atau individu saja, melainkan juga skala besar seperti bisnis dan perusahaan.

Sementara itu, VPN sendiri bisa diperoleh secara gratis maupun berbayar. Tentunya, VPN berbayar yang premium menawarkan tools dan fitur yang jauh lebih unggulan.

Menilik mengenai VPN tersebut, lantas sebenarnya apa saja manfaat menggunakan VPN itu sendiri? Apakah memang memberikan keamanan yang super ampuh dibandingkan tanpa VPN?

Manfaat Menggunakan VPN

Manfaat VPN

1. Mampu Mengakses Website yang Diblokir

Salah satu manfaat menggunakan VPN yang pertama ialah bisa mengakses situs web alias website yang diblokir oleh pemerintah maupun otoritas tertentu.

Bisa jadi, kamu membutuhkan akses ke website tertentu yang memang penting, tetapi tidak bisa diakses karena diblokir oleh suatu wilayah ataupun teritori tertentu.

Dengan menggunakan VPN, maka kamu bisa dengan mudah mengakses website yang diblokir tersebut hanya dalam 1 kali klik saja.

2. Sebagai Langkah Keamanan

VPN sendiri mampu memberikan keamanan yang jauh lebih terjamin dan menggunakan tunnel di jaringan publik, ditambah enkripsi di setiap pengiriman data yang dilakukan.

Langkah keamanan yang bisa dilakukan oleh pengguna biasanya mencakup:

  • Keperluan penggunaan remote access
  • Melindungi data dan identitas pribadi
  • Koneksi aman yang telah terenkripsi

Bahkan, diungkap dari data Statista pada tahun 2018, Indonesia dan India menjadi negara yang menggunakan VPN terbanyak di dunia.

3. Melindungi Privasi secara Online

Sebenarnya, isu atau masalah utama dari jaringan internet merupakan isu yang tidak jauh dari masalah keamanan.

Apalagi, jika pengguna seringkali menggunakan jaringan WiFi publik, maka akan sangat rawan dan rentan terhadap tindak kejahatan secara online.

Bahkan, Surfshark melaporkan jika dari Januari hingga Agustus 2022 terjadi sebanyak 13,89 juta akun yang datanya bocor di Indonesia.

Hal ini tentu bukan menjadi masalah biasa dan harus segera diantisipasi, karena kejahatan siber dari waktu ke waktu semakin canggih.

4. Mengubah Alamat IP

Apa itu IP Address? IP Address atau alamat IP merupakan sederet angka yang dipunyai oleh tiap perangkat untuk identitas yang unik.

Fungsi dari IP Address ini membantu memudahkan tiap perangkat yang terhubung dengan internet agar dapat berkomunikasi satu sama lain.

Analogi mudahnya, IP Address ini mirip seperti alamat rumah yang dapat ditemui dan dihubungi.

Menggunakan VPN, artinya kamu mengubah alamat IP agar tidak sesuai dengan alamat IP yang sedang dimiliki.

Saat terhubung ke dalam koneksi VPN, maka kamu akan memperoleh alamat IP sesuai dengan negara tujuan tersebut. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengganti alamat IP tersebut sesuai dengan pilihan.

5. Data dan Informasi akan Di-enkripsi

Apa itu enkripsi? Enkripsi adalah suatu proses untuk mengubah data maupun informasi ke dalam bentuk yang lebih rahasia dalam mengaburkan data yang dikirim, diterima, maupun disimpan di dalam suatu jaringan internet.

Saat terjadi pertukaran data dengan web aplikasi menggunakan jaringan VPN, maka data milik kamu sebagai pengakses akan lebih aman karena ter-enkripsi.

Adanya proses enkripsi ini, jika ada seseorang melihat informasi yang dikirim, maka yang terlihat hanyalah data yang telah di-enkripsi beserta dengan data mentahannya.

Baca juga: Pengertian VPN

Kapan Harus Menggunakan VPN?

Melindungi data

Setelah mengetahui manfaat menggunakan VPN di atas, terutama banyak dari kalian bertanya-tanya kapan harus menggunakan VPN?

Apakah bisa setiap hari menggunakan VPN atau malah dalam situasi maupun kondisi tertentu saja?

  • Menggunakan VPN saat akan mengakses informasi penting dari website yang diblokir. Misalkan kamu sebagai seorang peneliti, content writer, ataupun pencari data sedang mencari referensi. Salah satu referensi yang bisa dijadikan rujukan ialah Reddit dan itu penting untuk bahan penelitianmu. Maka, kamu bisa menggunakan VPN untuk mengakses website Reddit tersebut karena di sana ada begitu banyak informasi yang belum ditemukan secara mentah di internet.
  • Menggunakan VPN saat ingin melindungi data dan informasi. Apabila kamu sedang mengakses website maupun informasi penting yang terkait dengan masalah privasi, maka kamu bisa mengaktifkan jaringan VPN. Hal ini agar data-data seperti alamat IP, lokasi tempatmu berada, hingga data yang diakses akan lebih anonim. Sehingga, VPN di sini lebih ke arah anonimitas pengguna.
  • Menggunakan VPN karena ingin lebih private. Jika kamu menganggap bahwa VPN adalah hal yang penting setiap harinya dan sudah menjadi suatu kebiasaan, maka kamu bisa menggunakan VPN. Akan tetapi, jauh lebih disarankan untuk menggunakan VPN premium yang berbayar agar lebih aman.

Sebenarnya, kapan harus menggunakan VPN kembali lagi terhadap kebutuhan dan keinginan dari pengguna itu sendiri. Tidak ada batasan saat menggunakan VPN.

Hanya saja, untuk memperoleh fitur yang jauh lebih banyak dan keamanan yang semakin berlapis, disarankan untuk menggunakan VPN premium.

Baca juga: Cara Menguatkan Sinyal 4G dengan Cepat dan Mudah

Akhir Kata

Ada begitu banyak manfaat menggunakan VPN yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan apaah kamu perlu menggunakan koneksi VPN atau tidak.

Intinya, VPN sendiri dibuat atau diciptakan untuk memberikan perlindungan keamanan dan privasi yang jauh lebih tinggi bagi penggunanya.

VPN lebih dari sekadar incognito mode. Incognito mode hanya terbatas pada browser yang kamu gunakan, sedangkan VPN lebih ke arah privasi, data, dan informasi yang kamu miliki.

Jadi, kapan kamu akan menggunakan koneksi VPN?


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *