Kartu SIM tidak ada layanan
Handphone

Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Kartu SIM tidak ada layanan merupakan hal yang menjengkelkan. Terlebih saat dalam kondisi yang benar-benar genting.

Tidak ada layanan tersebut membuat kita sebagai pengguna kesulitan untuk terkoneksi dengan orang lain seperti berkirim pesan, telepon, hingga menggunakan internet.

Apalagi, yang lebih menjengkelkannya lagi, padahal smartphone dan kartu SIM (SIM card) tidak diutak-atik, tetapi tiba-tiba selalu memunculkan tidak ada layanan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, jangan berkeluh kesah lagi, karena ada beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan yang dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan dengan mudah dan efektif.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Penyebab kartu SIM tidak ada layanan

1. Jangkauan Jaringan Operator yang Sangat Lemah

Lokasi di mana kita sebagai user operator seluler sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal atau layanan yang ada pada smartphone.

Penting untuk diketahui, semakin jauh dari BTS, maka jangkauan jaringan akan semakin sulit, hingga akhirnya jaringan menjadi semakin melemah.

Biasanya, faktor ini terjadi saat kamu berada di daerah yang susah sinyal seperti pedesaan ataupun pegunungan yang belum ter-cover oleh infrastruktur jaringan yang memadai.

Bahkan, yang lebih menjengkelkannya, smartphone menjadi cepat panas atau malah overheat, karena smartphone berusaha untuk mencari jangkauan sinyal lebih ekstra.

2. Kartu SIM Rusak

Bisa jadi yang menjadi penyebab kartu SIM tidak ada layanan yang kedua ialah kerusakan pada SIM card, yakni pada bagian kuningan chip-nya.

Apabila memungkinkan, alangkah baiknya untuk dilakukan pengecekan pada kuningan chip SIM card tersebut dengan mengeluarkannya dari smartphone.

Setelah dikeluarkan, maka dibersihkan terlebih dahulu. Jika sudah, dapat dimasukkan lagi ke dalam smartphone.

Akan tetapi, apabila cara tersebut sudah dilakukan tetapi tetap tidak bisa, maka dapat menghubungi call center operator resmi untuk mendapatkan dukungan bantuan secara cepat.

3. Bug pada Sistem Operasi Smartphone

Tidak hanya pada operator seluler dan kartu SIM saja, melainkan sistem operasi berpengaruh pada kartu SIM yang tidak ada layanan.

Bug pada sistem operasi bukan hal yang wajar terjadi. Apabila kamu mengalaminya, maka alangkah baiknya periksa kondisi sistem operasi melalui menu pengaturan.

Biasanya, ada beberapa problem atau gagal update pada sistem operasi smartphone, yang mengakibatkan kartu SIM tidak ada layanan.

4. Smartphone Terlalu Multitasking

Sebenarnya multitasking itu bagus, layaknya manusia. Akan tetapi, multitasking terlalu sering dan berlebihan bisa memicu kerusakan pada perangkat smartphone.

Multitasking yang dimaksud di sini ialah smartphone yang menjalankan terlalu banyak proses maupun aplikasi yang membuat smartphone menjadi cepat panas.

Dalam beberapa kasus, smartphone bisa hang secara tiba-tiba atau bahkan berdampak pada kartu SIM yang menjadi tidak ada layanan sama sekali atau hilang.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan

1. Restart Smartphone

Hal yang sangat mudah dan sepele dilakukan dalam cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan ialah melakukan restart smartphone.

Restart smartphone berarti membuat smartphone refresh dan menjadi cara termudah sebelum repot-repot melakukan langkah atau step yang lainnya.

2. Lepas Pasang Kartu SIM

Cobalah untuk melepas pasang kartu SIM untuk mengetahui kondisi fisik kartu SIM, barangkali tidak terpasang dengan benar.

Barangkali juga, kartu SIM yang ada di dalam tersebut telah rusak atau bahkan kotor. Sehingga, dengan cara ini kamu bisa me-maintain perbaikan dengan mudah.

3. Menyalakan Mode Pesawat / Airplane

Mode pesawat / airplane yang dinyalakan berguna untuk mematikan semua lalu lintas data.

Biasanya, cara ini tergolong ampuh, karena saat mode airplane dinonaktifkan, biasanya sinyal akan muncul lagi tanpa ada kendala.

4. Uji Coba dengan Kartu SIM Lain

Cobalah untuk melakukan uji coba terhadap penggunaan kartu SIM yang lain. Setidaknya, ada 2 kemungkinan yang dapat disimpulkan jika menggunakan metode ini:

  • Jika dengan kartu SIM lain beroperasi dengan lancar, kemungkinan kartu SIM yang bersangkutan memiliki kendala atau masalah.
  • Jika dengan kartu SIM lain tidak beroperasi dengan lancar, kemungkinan bermasalah pada device atau perangkat smartphone yang kamu miliki.

5. Update Sistem Operasi

Adanya suatu update atau pembaruan sistem operasi merupakan update yang berguna untuk memperbaiki versi-versi bermasalah yang sebelumnya.

Bisa jadi jika kendala ini diakibatkan oleh sistem operasi yang usang, maka dapat dilakukan update sistem operasi untuk memperbaikinya.

Akhir Kata

Kartu SIM tidak ada layanan

Dari ragam penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di atas sebenarnya dapat mudah disimpulkan. Karena, biasanya kendala itu pada kartu SIM, sistem operasi, maupun device atau smartphone yang digunakan.

Apabila memang cara atau langkah di atas sudah dilakukan, tetapi tetap tidak membuahkan hasil, maka dapat melakukan konfirmasi ke call center operator seluler atau memperbaiki device ke service center jika yang menjadi kendala adalah perangkatnya.

Selalu pastikan untuk menggunakan smartphone sebaik mungkin dan pastikan agar area kamu sekarang saat ini terjangkau oleh sinyal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *