Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Cara Mengecek Garansi Xiaomi – Ketika membeli sebuah barang baru, baik itu smartphone atau barang elektronik lainya pasti sobat sering kali bertanya terkait dengan garansi. Berapa lama waktu garansinya, garansi apa saja yang di dapatkan bukan? Yap hal ini merupakan hal yang memang harus sobat ketahui dan pahami sebelum melakukan transaksi. Nah kali ini admin akan membahas mengenai seputar garansi, khususnya pada handphone dengan merk xiaomi. Kira-kira sobat sudah paham belum terkait pengertian garansi itu sendiri, macam-macam garansi dan bagaimana cara mengecek garansi xiaomi? Yuk mari kita simak bersama, check this out!

Apa itu garansi?

Garansi merupakan suatu jaminan bentuk layanan pasca transaksi konsumen (post consumer transaction) dimana hal ini diberikan untuk pemakaian barang yang digunakan secara berkelanjutan. Garansi pada handphone sendiri bertujuan untuk memastikan bahwa konsumen memiliki hak untuk meminta produsen atau penjual menangani masalah apapun sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan.

Macam-macam garansi

Perlu sobat ketahui sebelum membeli handphone, bahwasanya ada berbagai macam garansi yang bisa dapatkan ketika membeli sebuah handphone. Diantaranya adalah :

1. Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan garansi yang ditujukan pada produk ponsel yang mendapatkan garansi dari pemegang merk atau produsen handphone itu sendiri. Seperti misalnya pada ponsel dengan merk xiaomi yaitu ada logo TAM pada dusbook handphone.

2. Garansi distributor idependen

Garansi selanjutnya adalah garansi distributor independent, garansi ini merupakan layanan purna jual yang diberikan kepada konsumen namu tidak ditangani oleh pemegang merk, produsen atau mitra resmi dari produsen.  Perbedaan yang sangat jelas antara garansi distributor independent dengan garansi resmi adalah seperti lokasi perbaikan pusat yang nantinya tidak akan terpantau oleh produsen serta tampilan fisik dari lokasi pusat perbaikan yang sederhana. Misal hanya seperti booth kecil yang mirip dengan konter pulsa.

3. Garansi Toko

Berbeda dengan gransi resmi dan distributor independent, garansi ini hanya bisa dijangkau oleh temapt sobat ketika membeli ponsel. Fakta lain dari garansi ini adalah terkait dengan waktu masa garansi yang singkat terhadap produk yang sobat beli, misal berkisar antara tiga hari sampai satu minggu lamanya. Karena lebih dari itu toko jarang yang berani untuk melakukanya.

4. Garansi Personal

Garansi personal yang diberikan secara individual atau perorangan ini, biasanya berlaku untuk sobat yang membeli di situs jual beli OLX, Tokopedia, atau yang lain, biasanya sobat bisa meminta garansi personal ini kepada penjualnya

Apa saja yang ditanggung garansi handphone?

Ketika hendak mengklaim garansi selain sobat harus menunjukan kartu garansi, sobat juga harus mengetahui terkait dengan garansi apa saja yang bisa ditanggung akibat faktor kerusakan pada ponsel baru sobat. Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang bisa ditanggung oleh garansi resmi, diantaranya :

  • Mic dan speaker
  • Tombol-tombol
  • Touchscreen
  • Sinyal Lemah
  • Sensor
  • Konektor charger dan audio
  • Slot SIM card dan microSD yang tidak terbaca
  • Software

Terkait dengan kerusakan pada baterai, yang biasanya sering terjadi adalah drop akibat penggunaan charger atau baterai yang sudah kembung biasanya sobat tidak bisa mengklaimnya melalui service center. Solusinya yaitu dengan membeli baterai baru, namun sobat tidak perlu khawatir karena biasanya xiaomi memberikan masa garansi selama 6 bulan.

Cara mengcek garansi xiaomi  

Nah setelah kita membahas mengenai seputar garansi, ini dia cara mengecek garansi Xiaomi yang dapat dilakukan melalui tiga cara, diantaranya yaitu :

1. Cek Garansi Xiaomi secara online

Sobat bisa melakukan cek garansi xiaomi dengan melalui website resmi, caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka browser pada ponsel sobat
  • Kemudian akses website m.buy.mi.co.id/id/registration
  • Selanjutnya sobat buka setelan/pengaturan pada ponsel xiomi sobat
  • Temukan IMEI, setelah itu klik salin (copy)
  • Paste pada kolom yang tersedia
  • Klik langkah selanjutnya
  • Kemudian verifikasi HP Xiaomi sobat

2. Cek Dusbook untuk Garansi

Cara mengecek garansi xiaomi yang kedua yaitu dengan memeriksa dusbook ponsel xiaomi secara langsung. Yang perlu sobat perhatikan dengan cara ini adalah mengecek apakah di dusbook tertera stiker TAM. Stiker TAM disini memiliki arti bahwasnya handphone sobat merupakan produk resmi dari PT Telematika Artha Mandiri, yang merupakan distributor resmi ponsel xiaomi di Indonesia.

Selain dapat ditandai dengan stiker TAM ada juga cara lain yang bisa sebagai tanda yaitu tulisan PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Lokasi tersebut bermaksud bahwasanya ponsel tersebut merupakan ponsel resmi dirakit di Indonesia. Karena biasanya kalau garansi distributor tertuliskan Made in China.

3. Cek melalui IMEI

Cara mengecek garansi xiaomi terakhir yaitu bisa dilakukan melalui IMEI, karena pada ponsel xiaomi yang bergaransi resmi memiliki nomor IMEI yang pasti terdaftar di database Kemenprin. Berikut ini adalah langkahnya :

  • Buka aplikasi telepon pada ponsel sobat
  • Ketikan *#06#
  • Tekan panggil
  • Setelah muncul nomor IMEI dari ponsel yang terdiri dari dua IMEI
  • Lalu sobat buka website imei.kemenprin.go.id
  • Masukan nomor IMEI yang sudah sobat salin ke kolom pencarian
  • Klik search
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwasannya IMEI ponsel sobat telah terdaftar di Kemenprin.

Akhir Kata

Bagaimana apakah sobat sudah paham seputar garansi hahndphone baru sobat? Dann bagaimana cara untuk mengecek garansi pada handpone xiaomi sobat? Semoga tidak ada kerusakan dan ya pada ponsel baru sobat itu 😊


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *