Komputer

Keyboard Laptop Terkunci? Tidak Usah Panik! Ini Cara Mengatasinya!

Sebagai pengguna laptop sehari – hari, pastinya kamu pernah mengalami hal yang tidak kamu sadari. Salah satu contohnya adalah keyboard laptop terkunci secara tiba – tiba. Hal ini sering terjadi pada beberapa pengguna laptop. Tetapi kamu tidak usah panik karena hal ini bisa kamu atasi sendiri tanpa harus kamu bawa ke tempat service.

Ketika keyboard miliki kamu terkunci, kamu akan terhambat untuk melakukan apapun di laptopmu. Maka dari itu, kamu harus cepat membenarkannya sebelum banyak waktu terbuang. Karena laptop adalah salah satu bagian paling esensial pada laptop, kamu harus bisa memanfaatkan cara lain tanpa menggunakan keyboard.

Penyebab Keyboard Laptop Terkunci

Ada beberapa penyebab dari mengapa keyboard dari laptop kamu terkunci. Yang pertama adalah pengaturan dari laptop secara tidak sengaja kamu ubah tanpa sadar. Hal ini sering kali terjadi ketika kamu ingin mengubah pengaturan dari laptop kamu.

Yang kedua adalah karena adanya pembaruan dari windows sehingga driver dari keyboard laptop milik kamu terganggu. Melakukan pembaruan sistem os Windows memang sangat esensial, tetapi kamu juga harus mengecek apa saja perubahan yang akan terjadi pada laptop kamu.

Kemudian yang terakhir adalah karena adanya virus dari internet. Virus dari internet bisa mengganggu sistem yang ada pada laptop kamu hingga menghapus beberapa file yang esensial. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab terkuncinya keyboard kamu pada laptop yang kamu gunakan.

Keyboard yang tidak berfungsi juga bisa terjadi karena keyboard dari laptop kamu terkunci. Jadi sebelum kamu berasumsi bahwa keyboard laptop kamu rusak, kamu bisa mengecek dengan cara ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana caranya mengatasi keyboard laptop yang terkunci dan tidak bisa kamu gunakan tanpa harus kamu bawa ke tempat service.

Cara Membuka Keyboard Laptop yang Terkunci

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, keyboard laptop yang terkunci bukan karena error. Solusinya, kita hanya perlu membukanya karena terkunci. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa kamu akan menemukan cara yang berbeda pada setiap laptop. Berikut cara yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Hotkey

Sebelum membahas lebih teknis, kamu bisa menggunakan shortcut yang ada pada keyboard laptop kamu untuk membuka kunci keyboard laptop kamu. Ada beberapa laptop yang memang memiliki fitur untuk mengunci keyboard laptop kamu.

Ada shortcut seperti Fn+ F11 pada laptop Acer dan Fn + Numlock pada laptop Asus dan Lenovo. Selain itu, ada juga shortcut Fn + F8 untuk laptop HP. Jika shortcut tersebut masih tidak bisa, kamu bisa mencoba shortcut umum yaitu Ctrl + F11 dan Fn + Shift + Numlock untuk shortcut mengaktifkan keyboard mu.

2. Restart Laptop

Bisa jadi keyboard dari laptop kamu diakibatkan oleh bug yang muncul secara tiba – tiba. Untuk itu caranya mudah. Kamu bisa restart laptop kamu seperti biasa. Setelah itu, kamu bisa mengecek apakah keyboard dari laptop kamu bisa. Kamu juga bisa melihat apakah ada update dari windows yang diperlukan untuk laptop kamu.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Mode Sleep pada Laptop

3. Install Ulang Driver Keyboard

Masalah ini biasanya adalah cara yang paling ampuh untuk memperbaiki keyboard laptop yang terkunci. Kamu bisa pergi ke Windows start menu dan mengetik Device Manager. Setelah itu kamu bisa menemukan beberapa device yang ada pada laptop kamu. Pilih keyboard dan buka properties dari keyboard kamu.

Setelah itu, kamu bisa menghapus driver tersebut. Setelah kamu hapus, kamu bisa menginstall kembali driver dari keyboard laptop kamu. Sebelum kamu melakukan install ulang driver, kamu perlu mencari driver yang ada pada website dari merk laptop kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *